Senin, 21 November 2011

Perkembangan Komputer

Perkembangan Komputer
  • Komputer Super
         Komputer Super mulai dikenal pada tahun 1960'an yang diperkenalkan oleh Seymour Cray di Control Data Corporation( CDC ). Harga komputer ini sekitar Rp 2 - 300 milyar, masih menggunakan prosesor kusus vector dengan kecepatan sangat tinggi atau MPP ( massively parallel prosesor ). Sekarang, pasar super komputer masih dipegang oleh IBM dan HP. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama Komputer Super, selain itu Komputer super ini dapat digunakan untuk :
  1. Prakiraan Cuaca
  2. Riset Iklim ( pemanasan global )
  3. Pemodelan Molekul
  4. Simulasi Fisik
  5. Analisikrip

      • Komputer Mainframe ( Kerangka Besar )
             
      Ukuran komputer ini sebesar mobil jeep. Harganya sekitar 500jt - 50 milyar. Komputer mainframe biasa digunakan oleh perusahaan penerbangan, asiransi, bank dll. Komputer ini juga mampu menerima banyak transaksi. Karena harganya yang mahal dan meningkatnya kemampuan jari jaringan PC, menyebabkan mempertimbangkan downsizing.


      • Komputer Mini 
                Merupakan komputer single user atau jaringan ( hingga ratusan pengguna ). Harganya sekitar200jt - 2,5 milyar. Biasanya digunakan untuk organisasi ukuran menengah, juga digunakan sebagai server dalam jaringan.


        • Komputer Mikro
                 Komputer mikro sudah seperti komputer - komputer zaman sekarang. Seperti : Desktop, Workstation, Laptop, Palmtop, dan Pen PC. 

         

          Tidak ada komentar:

          Posting Komentar